Bisakah perselisihan merek dagang Airbnb mengancam harga saham Airtasker (ASX: ART)?

Kenaikan harga saham Airtasker Ltd (ASX: ART) menggemparkan ASX, melonjak dari harga listing 65 sen ke level tertinggi $ 1,965 hanya dalam dua hari.

Perusahaan saat ini bernilai lebih dari $ 500 juta meskipun mencapai pendapatan FY20 hanya $ 19,3 juta. Penilaiannya yang kaya datang dengan janji ekspansi internasional untuk memanfaatkan teknologinya yang terukur dan mungkin membawa perusahaan lebih dekat ke penilaian yang masuk akal.

Pasar Australia Airtasker saat ini mewakili sekitar 99% dari pendapatannya, dengan 1% sisanya berasal dari Inggris. Pada tahun 2020, ia mendirikan pasar di Selandia Baru, Singapura, dan Irlandia. Itu juga bermaksud untuk memulai operasi di Amerika Serikat pada tahun 2021.

Seperti berdiri, raksasa menghalangi jalan Airtasker untuk menjadi platform yang benar-benar internasional. Jika gundukan kecepatan menghalangi kisah pertumbuhan perusahaan, ini dapat memengaruhi harga saham Airtasker di masa mendatang.

Udara… bnb atau tasker?
Pasar akomodasi global, Airbnb telah terlibat sengketa merek dagang dengan Airtasker sejak 2019, menentang masuknya ke Eropa.

Airbnb percaya bahwa Airtasker pada dasarnya merobek suku kata karakteristik pertamanya ‘Air’. Ini berpendapat bahwa konsumen rata-rata mungkin berasumsi bahwa Airtasker adalah layanan khusus atau anak perusahaan dari Airbnb.

Pada hari Minggu, The Sydney Morning Herald melaporkan bahwa dalam pengajuan Airbnb ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa, ia menyatakan bahwa mereknya “adalah salah satu merek paling terkenal dan paling berharga di dunia”.

Meskipun ada hambatan potensial, Airtasker tetap yakin akan hasil yang positif.

Bagaimana selanjutnya untuk harga saham Airtasker?
Berdasarkan harga saham Airtasker saat ini, perusahaan memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 536,31 juta. Ini setara dengan sekitar 28 kali pendapatan FY20 perusahaan. Dengan demikian, tekanan dapat meningkat untuk Airtasker untuk membenarkan penilaiannya saat ini.

Tingkat pertumbuhan tahunan gabungan Airtasker selama 2 tahun untuk nilai barang dagangan kotor, pendapatan, dan laba masing-masing adalah 24,2%, 32,1%, dan 33,8% antara perkiraan FY19 dan FY21. Pada nilai nominal, pertumbuhannya terdengar biasa-biasa saja jika dibandingkan dengan saham teknologi seperti Afterpay Ltd (ASX: APT) atau Zip Co Ltd (ASX: Z1P) yang diperdagangkan dengan kelipatan pendapatan yang serupa.

Prospektus Airtasker menyoroti rencananya untuk mendorong pertumbuhan dengan membangun pasar di luar negeri.

Perusahaan memperkirakan total addressable market (TAM) untuk layanan lokal di Australia sekitar $ 52.309 juta.

Melihat dari negara lain, TAM Irlandia untuk layanan lokal diperkirakan $ 6.393 juta, dengan $ 4.890 juta di Selandia Baru, $ 5.021 juta di Singapura, $ 70.440 juta di Inggris Raya dan $ 504.058 kekalahan di Amerika Serikat.

Harga saham Airtasker menutup sesi Senin datar untuk hari itu di $ 1,365.

Di mana menginvestasikan $ 1.000 sekarang
Ketika pakar investasi Scott Phillips memiliki tip saham, ia dapat membayar untuk mendengarkan. Lagi pula, buletin Motley Fool Share Advisor yang telah dia jalankan selama lebih dari delapan tahun telah memberikan pilihan saham kepada ribuan anggota yang membayar yang telah berlipat ganda, tiga kali lipat atau bahkan lebih. *

Scott baru saja mengungkapkan apa yang dia yakini sebagai lima saham ASX terbaik untuk dibeli investor saat ini. Saham-saham ini diperdagangkan dengan harga yang sangat murah dan Scott berpendapat bahwa saham-saham ini bagus untuk dibeli saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *