Cara Mengelola Gaji Anda Agar Tetap Bertanggung Jawab Secara Finansial

Cukup banyak orang terutama mereka yang menerima gaji di akhir bulan selalu merasa sangat sulit untuk mengelola sedikit uang yang mereka terima selama 30 hari lagi. Mereka berjuang dengan bagaimana membayar tagihan mereka, menabung atau berinvestasi, membayar transportasi atau bahan bakar mobil mereka ke kantor dan bahkan memberi makan diri mereka sendiri dan tanggungan mereka sampai akhir bulan ketika uang berikutnya akan datang.

Ada kemungkinan Anda mendapatkan stok di pertengahan atau akhir bulan dan harus mencari cara untuk melewati bulan itu. Anda akan meminta teman, anggota keluarga atau pergi meminjam. Seperti yang Anda setujui dengan saya, meminjam uang pasti akan membuat pembayaran Anda berikutnya hampir tidak berguna karena Anda harus membayar kembali uang yang Anda pinjam sebelum memikirkan bagaimana menghabiskan sisanya. Ada kecenderungan bahwa Anda akan terus meminjam setiap bulan untuk berbaikan tetapi metode ini tidak akan membawa Anda ke mana-mana. Anda tidak akan dapat menempatkan diri Anda untuk tidak berbicara tentang menabung atau berinvestasi untuk masa depan.

Berikut adalah beberapa cara hebat yang dapat Anda terapkan untuk mengelola cara menghitung gaji harian dan tetap bertanggung jawab secara finansial:

1. Lakukan Penganggaran Bulanan: Agar Anda dapat mengelola sesuatu dengan baik, Anda perlu memperkirakan, menghitung kira-kira, atau menganggarkan bagaimana hal itu akan terjadi. Adalah bijaksana bagi setiap penerima gaji untuk duduk sebelum akhir bulan untuk membuat perkiraan kasar tentang berapa banyak yang Anda harapkan untuk dibelanjakan pada bulan tertentu. Ini akan memungkinkan Anda untuk membandingkan gaji Anda dengan pengeluaran Anda untuk mengetahui area yang perlu Anda tambahkan atau hapus agar tetap berada di jalur. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk menghabiskan atau hidup sesuai dengan penghasilan Anda.

2. Coba dan Lunasi Semua Tagihan Anda: Segera setelah Anda menerima cek gaji atau uang tunai di tangan Anda, Anda harus segera membayar semua tagihan Anda; listrik, air, telepon, dll. Dengan demikian, Anda akan tahu persis berapa banyak yang tersisa dan bagaimana membelanjakannya. Anda juga akan yakin bahwa tidak akan ada gangguan fasilitas tersebut sampai uang berikutnya akan datang.

3. Beli Kebutuhan Anda dalam Jumlah Besar: Jangan memanjakan kebiasaan berlarian di depan dan di belakang toko. Dari anggaran Anda, Anda akan tahu semua yang Anda perlukan dalam sebulan. Usahakan untuk membelinya dalam jumlah banyak agar Anda tidak perlu kekurangan saat tidak ada uang. Beberapa barang yang Anda beli mungkin tidak akan habis pada bulan tersebut, bahkan ketika gaji berikutnya tertunda, Anda masih memiliki beberapa barang untuk digunakan.

4. Menabung atau Menginvestasikan Sesuatu: Setiap bulan Anda harus menyisihkan sebagian dari gaji Anda sebagai tabungan. Saya tidak menyarankan Anda menyimpannya di rumah tetapi Anda dapat memiliki dua rekening, satu untuk pengeluaran sehari-hari dan satu untuk tabungan nyata Anda. Untuk yang benar-benar tabungan, tidak memiliki kartu debit, dengan ini Anda tidak akan mudah untuk menarik uang dari itu karena Anda hanya akan menarik ketika Anda mengunjungi bank. Intinya adalah Anda harus menyimpan sesuatu di akhir setiap bulan, tidak peduli seberapa kecil itu. Pada akhir tahun Anda akan mengetahui bahwa Anda memiliki jumlah nyata yang bahkan dapat Anda investasikan pada bisnis yang layak dan menghasilkan lebih banyak uang.

5. Menabur Benih: Ini bisa dalam bentuk memberi untuk amal, membayar persepuluhan atau memberi sedekah. Ketika Anda melakukan ini, Anda sedang membangun posisi keuangan yang lebih baik untuk diri Anda sendiri. Tidak ada orang yang memberi kepada mereka yang membutuhkan yang akan pergi dengan tangan kosong. Temukan rumah amal di sekitar Anda di mana Anda dapat mengunjungi sesekali dan menyentuh beberapa kehidupan. Anda juga harus membuat diri Anda tersedia untuk membantu mereka yang membutuhkan. Jangan menutup pintu Anda ketika seseorang di luar sana mencari bantuan.

6. Belanjakan uang Anda dengan bijak: Belilah hanya hal-hal yang Anda butuhkan bukan hal-hal yang Anda inginkan, ini karena manusia pada dasarnya tidak pernah puas dan hanya mereka yang bijaksana yang mengendalikan alam ini. Jangan melibatkan diri Anda dalam pembelian kredit terutama pada hal-hal yang dapat Anda lakukan tanpanya. Penjual akan selalu merayu Anda dengan “diskon”, “bayar di akhir bulan” atau bayar dikit”. Selalu tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkannya dan tunggu dua minggu jika Anda masih membutuhkannya, belilah tetapi jika tidak, lakukan tidak membeli Pembelian semacam ini dalam jangka panjang akan membuat Anda membayar dua kali lipat dari barang yang dijual di pasar.

Baca juga: Bisakah Operasi Pengangkatan Katarak Mengubah Hidup Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *